Selasa, 13 November 2012

MAKALAH Tren Teknologi Masa Kini


TREND TEKNOLOGI TERBARU


DISUSUN OLEH :

ü ROHMANOTO
ü SAYYIDINA ABDUL FATTAH RA


TEKNIK INFORMATIKA 1 B
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU

2012/2013

Kata Pengantar
            Puji dan skukur senantiasa pemakalah perkembahkan kehadirat Allah subhanahuwata’ala, atas rahmat, bimbingan,dan hidayah-Nya, makalah inia akhirnay dapat di selesaikan sehingga dapat di persembahkan kepada pembaca sebagaiman wujudnya sekarang. Adapun judul makalah ini ialah “Tren Teknologi Masa Kini”.
            Makalah ini merupakan hasil kerjasama dari Sayyidina Abdul Fattah RA dan Rahman Noto. Namun pemakalah menyadari bahwa masih banyak kekurangan dari makalah yang kami buat ini.
            Oleh karena itu kami selaku Pemakalah meminta maaf kepada pembaca khususnya kepada Dosen terkait Bapak Novriyanto agar kiranya dapat memaklumi. Pemakalah juga sangat senang apabila para pembaca dapat memberikan masukan dan kritik yang membangun agar kedepannya pemakalah dapat membuat makalah yang jauh lebih baik lagi. Atas dukungan dari semua pihak pemakalah mengucapkan banyak trimakasih.
            Semoga dengan adanya makalah ini  dapat menambah wawasan dan informasi mengenai tren teknologi di masa sekarang.















                                                                                                                                                i

Daftar isi:
1.Kata pengantar . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  .i
2.BAB I Pendahuluan
            A. Latar belakang . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . .. . . . . . . . . . . . . . . . . . . 1
3.BAB II Pembahasan Tentang Tren Teknologi Masa kini . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. .. . . .       . .2
4.KESIMPULAN . . . . . . . .. . . . . . . .. . . . . . .  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .. . . 8
5.Daftar pustaka . . . . . . . . . . . . . .. . . . . . .  . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .  9

           
















                                                                                                                                                ii

TREN TEKNOLOGI DIMASA SEKARANG
BAB 1
PENDAHULUAN
A.     LATAR BELAKANG
Kitat tahu bahwa di zaman sekarang ini teknologi bukan lagi sebagai bahan yang sulit atau jarang di jumpai. Dimana- mana kita dapat menemui jenis perkembangn teknologi. Semua hal saat ini telah bergantung pada teknologi canggih. Kali ini pemakalah akan membahsa tentang bagaimana perkembangan teknologi di dunia ICT.
Para  pemuda zaman sekarang memang di tuntut untuk mengikuti perkembangan teknologi. Para pemuda-pemudi zaman sekarang dipersiapkan untuk memahami teknologi zaman sekarang, memahami di sini berarti mengerti dan mengikuti perkembangan teknologi secara sehat. Karena seiring zaman yang maju, kemajuna itu membawa dampak baik dan buruk bagi kepribadian masayarakat secara khusus dan Negara atau bangsa secara umum.
Dengan alasan tersebut kita sebagai penerus bangsa perlu kiranya menambaha pengetahuan kita tentang perkembangan teknologi agar kita tidak ketinggalan dalam hal wawasan teknologi. Dengan pemahaman ini kiranya nanti penulis berharap kita dapat menerapkan teknologi tersebut kedalam aplikasi social.
Berikut pemakalah akan menjelaskan secara singkat tren teknologi yang ada pada saat ini.











                                                                                                                     1
BAB II
PEMBAHASAN TENTENG TREN TEKNOLOGI MASA KINI
Seperti Apa Tren Teknologi Tahun 2012?
Dewasa ini perkembangan teknologi berkembang sangat pesat, dari mulai yang bertipe jejearing social hingga layanan jasa semua tersebar bebas di dunia maya yang menggambarkan betapa lajunya perkembangan teknoologi  didunia. Sekiilas dari banyak factor pendukung perkembangan teknologi, tentu muncul pertanyaan seperti apa perkembangan teknologi pada Akhir  tahun 2012 ini?

            Dari sebuah prediksi Vivek Wadhwa, kolumnis Washington Post yang juga seorang senior research associate di Labor and Worklife Program, Harvard Law School. Mereka menyatakan bahwa pada tahun 2012 ini akan terjadi peningkatan penggunaan jejering social. Tablet Android akan mendunia, begitu juga twitter. Namun info terbaru yang kami dapat dari salah satu situs mengabarkan bahwa ,  penggunaan i Pad Apple Masih Menjadi Favorit Pilihan Dibanding Tablet Android, Terjual Hingga 84 Juta Unit . Sebuah pencapaian yang fantastis di raih oleh Apple dalam hal penjualan ipad.

Kemudian selanjutnya perusahan go public yang makin marak, menurut perkiraan pengamat teknologi, perusaan teknologi akan semakin banyak mengekpose diri ke dalam duia maya guna  mencari investor yang lebih banyak. Contohnya social game generasi berikutnya, pemain teknologi B2B, dan perusahaan cloud computing. Ada juga perusahaan pemain lama sperti LinkedIn, Zynga, dan Groupon. Dan menurut kabar terbaru, Facebook disinyalir akan batal go public tahun ini, meski belum jelas apakan benar demikian.        

Dari sekian banyak tren teknologi tersebut, penjualan tablet murah menarik untuk di perbincangkan lebih dalam. Salah satu contoh yang terhangat ialah tablet Android paling dicari di dunia, Google Nexus 7 kini bisa diperoleh di tanah air. Salah satu retailer yang menawarkan tablet tersebut di tanah air adalah Lazada. Tablet android canggih ini hanya di jual dengan harga 3 juta rupiah. Harga yang sangat murah untuk sebuah ipad Android yang di produksi oleh kerja sama dari google dan Asus ini. Mengutip dari pernyataan  fanspage di Facebooknya. Lazada menyatakan bahwa tablet tersebut di peroleh melalui pre order. Dengan harga Rp.2.999.000  merupakan versi 16 GB. Untuk versi 32 GB baru juga di luncurkan oleh google. Singkat cerita, keberanian Google mengeluarkan produksi tablet dengan perdikat tablet Android pertama yang menggunakan OS Android Jelly Bean. Tablet ini dilengkapi dengan prosesor quad core Nvidia Tegra 3 dengan layar 7 inci. Tablet Android  masih akan menjadi tren di dunia untuk beberapa tahun kedepan.

Selanjutnya beralih pada kemunnculan windows 8 pada tanggal 26-28 oktober 2012 lalu di taman anggrek Jakarta.  Windows Indonesia tidak mau kalah dengan OS lain. Yang meluncurkan seri terbarunya. Padahal menurut survey baru-baru ini dinyatakan bahwa windows 7 baru saja mengambil alih secara global system operasi yang sebelumnya masih di dominasi oleh Windows XP. Yang jadi pertanyaan apakah W 8 ini akan menjadi tren yang menggantikan posisi Android yang tidak berapa lama yang lalu memunculkan versi terbarunya Android yang di luncurkan oleh google yaitu  ;                                                                                                                                                                                                           2

Android 4.2 Jelly Bean
http://www.android.com/images/whatsnew/jb-new-logo.pngBelum lama setelah melakukan peluncuran OS Android Jelly Bean 4.1, Google langsung memperkenalkan OS suksesornya, yakni Android 4.2 kepada dunia. Sistem operasi ini pun masih menggunakan nama Jelly Bean. Walau pun meiliki kode yang sama, namun bukan berarti tidak ada penambahan fitur-fitur baru dalam OS ini. Kemudian seperti apakah fitur-fitur baru tersebut? Nah, Fitur pertama adalah PhotoSphere.
Dengan fitur ini, kita dapat mengambil gambar 360 drajat sempurna. Gambar ini pun bisa langsung kita upload..Bahkan Pengguna  juga bisa menyematkan foto tersebut di Google Maps. Fitur berikutnya, Google juga memberikan peningkatan atau penambahan dalam virtual keyboardnya. Google menambahkan fitur baru yang diberi nama Gesture Typing. Software ini akan secara otomatis menambahkan spasi dan memprediksi kata yang ingin Anda tulis.
 Jika pengguna sedang tidak mood untuk mengetik langsung menggunakan keyboard, Pengguna juga dapat mengetik menggunakan suara. Tentunya sangat menarik, karena dengan adanya fitur yang satu ini sangat membantu dalam melakukan peenyelesaian pekejaan yang menumpuk. Fitur Yang lainnya, Google juga telah menyematkan atau menyisipkan fitur multiple user pada Operasi Sistem Android Jelly Bean 4.2 ini.
 Dikutip dari situs resminya Android, Google menjelaskan fitur ini dihadirkan untuk menghadirkan homescreen, background, widgets, aplikasi serta game yang berbeda untuk masing-masing pengguna.. Namun sayangnya, fitur yang satu ini hanya bisa dinikmati pada tablet. Yang lebih unik, dengan memakai OS terbaru ini, Anda juga bisa menampilkan gambar atau video melalui televisi secara mudah. Anda tak perlu menggunakan kabel HDMI atau sejenisnya. Alih-alih Anda bisa menggunakan wireless untuk melakukan hal tersebut. (Via Phonearena). Ini adalah Os yang kelihatan simple namun membawa banyak manfaat yang begitu besar di dalamnya, di tambah lagi di dukung fitur-fitur menarik. Maka sangat wajar jika Android Jelly Bean menjadi salah satu tren teknologi pada saat ini.

                                                                                                                                                3

TABLET
http://www.blogcdn.com/www.engadget.com/media/2010/01/ipad-hp-tablet-apple-tablet-pc-marketshare.jpg
Kemudian Peluncuran produk tablet dengan variasi inovasi teknologi dan harga dari berbagai merek dua tahun terakhir ini nyatanya berpengaruh besar terhadap tren penggunaan gadget di Indonesia. Berdasarkan sebuah sumber yaitu  poll yang dibuat Yahoo! Indonesia sejak pertengahan Oktober 2012 di halaman Tech Life;
Terbukti sebanyak 38%  atau 7.032 peserta poll Tech Life memilih tablet sebagai produk gadget yang ingin meraka beli saat ini. Fakta ini memang tak bisa dipungkiri karena memang selain di Indonesia tablet merupakan tren global saat ini. Seperti halnya yang dilansir Time, pada tahun 2011 saja, pertumbuhan unit penjualan tablet secara global sudah mencapai angka 255%, yang di prediksi akan naik menjadi 750% pada tahun 2015. Betapa populernya tablet dalam beberapa tahun terakhir dan kedepannya. Itu pun tidak lepas dari kebutuhan banyak orang atas kebutuhan komputasi yang lebih personal dengan fungsi multimedia yang lebih tinggi dari sekedar laptop, meskipun bentuk fisiknya sangat simple.
Sebanyak 24% peserta poll memilih smartphone. Jenis gadget ini menduduki posisi kedua. Perkembangan teknologi smartphone yang signifikan saat ini hampir tak bisa dilepaskan dari tren tablet yang sedang terjadi, karena gadget ini juga merupakan bagian dari komputasi masa depan yang selalu ditunggu inovasinya. Apalagi dengan varian desain yang tepat di genggaman tapi mampu melakukan berbagai fungsi multimedia. Melansir Fortune, tantangan terbesar bagi produsen smartphone agar bisa tetap bertahan di tren gadget masa kini adalah dibutuhkannya teknologi yang bisa lebih cerdas, fitur lebih banyak, dan fleksibilitas penggunaan gadget itu sendiri.
Dari tujuh jenis gadget yang Tech Life masukkan di poll tersebut, yang paling sedikit mendapatkan respon adalah pembaca buku elektronik; hanya 1%. Banyak dari mereka yang langsung memilih tablet—yang bisa diberi fitur pembaca buku elektronik—dengan pertimbangan keefektifan harga dan fleksibilitas. Padahal kalau ditilik lebih jauh, pertimbangan fungsi bisa lebih masuk akal, karena untuk membaca, dibutuhkan teknologi e-ink yang akan menyamankan mata. Sementara tablet yang beredar saat ini masih belum menyertakan e-ink di perangkatnya. Melihat kampanye mengurangi penggunaan kertas akhir-akhir ini, bisa saja pada tahun ke depannya, pembaca buku elektronik menjadi tren baru di dunia gadget. Atau paling tidak di dunia literasi. Waktu akan menjawabnya.

                                                                                                                                                4

Windows 8

Melalui sumber Liputan6.com, Jakarta: Pada 26 Oktober kemarin Windows 8 telah resmi diluncurkan. Sistem operasi besutan Microsoft ini dibuat dalam tiga versi, yaitu Windows 8, Windows 8 Pro, dan Windows 8 RT.
Microsoft juga menjamin para pengguna Windows 8 akan merasakan pengalaman yang sama bagi pengguna desktop, tablet, maupun smartphone. Dengan kata lain, saat menggunakan di komputer meja, Anda akan merasakan menggunakan sebuah tablet ataupun smartphone.
Presiden Direktur Microsoft Indonesia, Andreas Diantoro mangatakan, "Dengan sistem operasi ini, konsumen bisa menggunakan jarinya sendiri, mouse (tetikus) ataupun pen yang memudahkan mereka untuk bekerja dan bermain," di peluncuran Windows 8 di Singapura, Sabtu kemarin.
Fitur-fitur menarik
Inilah  fitur-fitur menarik, terbaru, dan tentunya menjadi kelebihan tersendiri dalam Windows 8. Berikut penjelasannya;
1. Dioptimalisasi untuk layar sentuh
Windows 7 memang support layar sentuh, namun tidak optimal dari sisi desain dan kemudahan pengoperasian. Berbeda dengan Windows 8, interfacenya yang dijuluki sebagai Metro benar-benar dioptimalkan untuk sentuhan dengan wujud ala interface Windows Phone.
2. Mendukung chip ARM
Windows 8 mendukung perangkat yang memakai infrastruktur chip ARM. Hal ini diharapkan dapat memperluas jangkauan Windows 8 di tablet, karena kebanyakan tablet yang beredar saat ini memakai chip ARM.
3. Toko aplikasi Windows Store
                                                                                                                                                5
Berbeda dengan sebelumya, Windows 8 akan memiliki toko aplikasi sendiri yang dinamakan Windows Store. Windows Store menyediakan berbagai aplikasi yang dioptimalkan untuk Windows 8.
4. Mendukung NFC (Near Field Communications)
Windows 8 akan mendukung NFC, sebuah teknologi yang kegunaanya antara lain untuk transaksi keuangan digital. Tablet yang memakai Windows 8 pun kemungkinan besar akan otomatis menyertakan fitur ini.
5. Waktu boot yang singkat
Boot Windows 8 dalam demonya hanya berlangsung dalam 8 detik. Sebuah waktu yang jauh lebih singkat dibanding booting di Windows versi sebelumnya.
6. Menggunakan Internet Explorer 10
Internet Explorer 10 dijanjikan membawa perubahan besar ketimbang versi IE terdahulu. Browser ini diklaim sangat ramah digunakan baik dalam tablet maupun PC.
7. Sekuriti atau keamanan lebih baik
Windows 8 dikatakan akan memiliki fitur sekuriti lebih baik untuk menghadang serangan cyber. Di antaranya fitur Windows Defender lebih ditingkatkan kemampuannya di OS ini. Keamanan terhadap virus lebih baik lagi.
8. Windows 8 tidak membutuhkan upgrade PC
Menurut penjelasan Microsoft, komputer yang bisa menjalankan Windows 7 sudah pasti dapat menjalankan Windows 8 sehingga user tak perlu upgrade PC. Menurut Microsoft, prosesor Intel Atom dan RAM 1 GB sudah cukup untuk menjalankan OS ini.
Namun dibalik kecanggihan windows 8 masih ada kekurangan, yang sebenarnya bukanlah kekurangan yang mutlak. Hanya saja pengguna belum terbiasa menggunakan windows 8.
1. Tidak Ada Tombol Start dan Close X
Tidak ada tombol start dan Close X di tampilan muka Windows 8. Hal ini membuat pengguna bingung dan sulit untuk memulai pekerjaan, menutup pekerjaan atau mengakses program. Terutama  bagi orang-orang yang masih belum terlalu mengenal windows 8. Meski adanya sistem pencarian data, tapi keberadaan tombol Start dinilai sangat penting untuk kemudahan pengguna.Untuk mengakhiri tugas di Windows 8, Anda mesti mengarahkan panah mouse Anda ke atas aplikasi. Setelah muncul tombol tangan, Anda harus men-drag-nya, dan barulah program tersebut tertutup.
2. Banyak File Atau Aplikasi Tersembunyi
                                                                                                                                                6
Yang  membingungkan bagi pengguna Windows 8 yaitu saat beroperasi, hanya tersedia dua data atau aplikasi yang bisa terbuka secara bersamaan, sementara data lainnya tersembunyi. Anda mesti menggunakan fitur pencarian universal untuk membuka data yang lain atau data yang Anda inginkan namun tersembunyi.























                                                                                                                   7
KESIMPULAN
Dalam dunia social networking memang tidak ada henti-hentinya terjadi perubahan didalamnya. Terutama pada trendnya. Yaitu hal yang baru dan langsung menjadi favorite bagi para pangguna. Teknologi canggih pun pesat berluncuran guna menjaga ketatnya persaingan dari berbagai perusahaan-perusahaan yang memproduksi kecanggihan teknologi tersebut. Tidak jarang perusahaan lagsung meluncurkan dan memperkenalkan produksi terbarunya, padahal belum lama mengenalkan produk. hal itu disebabkan persaingan yang kuat dan saling ingin eksis dalam bidang masing-masing.
Dibidang social networking, penulis menyimpulkan trend terbaru yaitu peluncuran Android versi terbaru yaitu Android 4.2 Jelly Bean yang langsung menjadi buruan para pengguna. Hal ini dikarenakan fitur-fitur yang sangat menarik dan canggih.
Kemudian dengan hadirnya Tablet seolah-olah menenggelamkan eksistensi dari laptop dan notebook. Karena fiturnya sama bahkan melebihi laptop atau notebook. Contohnya tablet memakai layar sentuh dan bentuk yang simple.
Berbicara tentang fitur layar sentuh,Microsoft pun tidak mau kalah dengan meluncurkan WINDOWS 8. Windows 8 memang dioptimalisasi untuk layar sentuh. Selain  itu juga terdapat kelebihan tersendiri dalam Windows 8 seperti yang telah di uraikan pada pembahasan diatas. Jadi semua perubahan teknologi yang terjadi adalah sebuah keterkaitan.
Amazing new technology!












                                                                                                                                    8
Daftar pustaka






















                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                9

0 komentar:

Posting Komentar

Trimakasih telah mengunjung blog saya..rajin-rajin datang ke sini ya ;)

 

Berita Terbaru (Teknologi Informasi) Copyright © 2011 | Template design by O Pregador | Powered by Blogger Templates Edited by Sayyidina |